Bahaya Buah Nanas Untuk Ibu Hamil

Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan apabila sudah matang. Kandungan sari manis nan menyegarkan ini bahkan dapat memberikan siapapun yang mengkonsumsinya asupan energi yang cukup besar. Sedangkan kandungan serat yang dimilikinya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan sembelit pada siapapun, termasuk Ibu hamil sekalipun. Manfaat nanas bagi ibu hamil juga banyak karena juga memiliki kandungan lainnya yang tak kalah bermanfaat, seperti vitamin B1, B6, C seperti juga yang ada pada manfaat jeruk untuk ibu hamil, tembanga, dan mangan.

Lantas muncul sebuah pertanyaan, “Amankah seorang ibu makan nanas saat hamil?”. Jawabannya pun bisa “iya” atau “tidak”. Hal ini dikarenakan nanas memang benar memiliki bahaya bagi Ibu hamil, tetapi juga jangan lupa bahwa nanas juga memiliki manfaat bagi Ibu hamil apabila dikonsumsi secara benar. Oleh karena itu, berikut akan dipaparkan bahaya, manfaat, dan cara mengkonsumsi nanas dengan benar bagi Ibu hamil sehingga tidak lagi berbahaya.

Bahaya Buah Nanas Bagi Ibu Hamil

Fakta di masyarakat memang menunjukkan bahwa banyak Ibu hamil yang memang takut mengkonsumsi buah nanas selama masa kehamilan karena banyak yang mengatakan akan menyebabkan keguguran pada kandungan. Meskipun fakta lain juga menunjukkan bahwa buah nanas juga mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah mual dan muntah pada Ibu hamil. Berkaitan dengan fakta tersebut, berikut bahaya nanas untuk Ibu hamil, antara lain:

1. Pemicu Kontraksi
Bahaya pertama buah nanas bagi Ibu hamil ialah pemicu terjadinya kontraksi. Hal ini dikarenakan buah nanas dapat menyebabkan janin lebih baik bergerak dan mendesak terjadinya kontraksi disebabkan efek nanas yang memberikan rasa panas pada bayi. Kondisi ini tentunya juga tidak akan membuat nyaman sang Ibu sendiri. Meskipun efek tersebut benar-benar muncul dan terjadi ketika Ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah besar, tetapi secara medis pun memang dilarang mengkonsumsi buah nanas apalagi bila mendekati tanda-tanda akan melahirkan karena dapat menyebabkan kondisi calon bayi terganggu.

2. Menyebabkan Diare
Bahaya kedua buah nanas bagi Ibu ialah menyebabkan diare saat hamil. Hal ini dikarenakan Ibu hamil mengkonsumsi nanas terlalu banyak dan adanya kandungan bromelain yang memang dimiliki nanas untuk mengatasi masalah sembelit. Sebaiknya ibu hamil menghindari risiko bahaya diare pada ibu hamil. Namun apabila dikonsumsi secara berlebih oleh Ibu hamil, maka akan menyebabkan diare, bahkan dapat membantu melembutkan leher rahim sehingga mengakibatkan kelahiran bayi premature

3. Mendorong Kelahiran Bayi Premature
Bahaya ketiga buah nanas bagi Ibu hamil ialah mendorong kelahiran bayi premature atau bayi lahir kurang bulan. Hal senada sudah dijelaskan pada akhir penjelasan di poin 2 bahwa buah nanas dapat melembutkan leher rahim sang Ibu sehingga mengakibatkan kelahiran bayi premature karena adanya kandungan bromelain yang dimiliki oleh buah nanas.

4. Meningkatkan Resiko Keguguran
Bahaya keempat buah nanas bagi Ibu hamil ialah meningkatkan resiko keguguran. Bahaya yang satu inilah yang biasanya sering diwanti-wanti di lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan kandungan bromelain yang dimiliki oleh buah nanas, di mana kandungan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kontraksi kuat pada bagian leher rahim sehingga Ibu hamil akan merasa seperti menerima induksi

Selain itu, kandungan bromelain juga memang bekerja untuk memecah protein yang menjadi bahan utama pembentuk tubuh janin sebagai proses perkembangan janin. Sedemikian sehingga tidak mengherankan apabila dapat menyebabkan efek keguguran ketika dikonsumsi secara berlebihan.

5. Meningkatkan Kadar Gula Darah
Bahaya kelima buah nanas bagi Ibu hamil ialah meningkatkan kadar gula darah. Sehingga secara keras buah nanas memang dilarang bagi Ibu hamil yang memiliki masalah penyakit diabetes atau diabetes gestasional. Bahaya diabetes saat hamil ditambah mengonsumsi nanas dikarenakan buah nanas memang mengandung kadar gula alami yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah.

Namun meskipun Ibu hamil tidak memiliki masalah diabetes sekalipun, nanas tetap bukan buah yang dapat dikonsumsi secara sembarangan karena efek peningkatan kadar gula darah ini. Efek ini bisa saja menyebabkan masalah bagi janin, termasuk adanya resiko keguguran dan kelahiran premature sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

Post by : Obat Herbal Nyeri Lutut

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s