Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji Untuk Diare

Jambu biji (Psidium Guajava L) merupakan salh satu buah ang dianggap mempunyai banak kandungan sekaligus khasiat yang baik untuk tubuh. Selain rasanya yang lezat untuk dilahap maupun dibuat jus,jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain. Jambu biji juga memilki nutrisi yang baik bagi tubuh yang terdiri dari kalori, vitamin A (karoten), vitamin B1, vitamin c, hidrat arang, air, fosfor, protein dan  rendah lemak.

Selain buah jambu biji yang kaya nutrisi tersebut, daun jambu biji juga mengandung banyak zat gizi seperti minyak astiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan beberapa jenis vitamin. Daun jambu biji juga memiliki beragam manfaat, yaitu antara lain mengatasi diare, mengontrol kolesterol, mengatasi diabetes dan mempengaruhi kardiovaskuler. Salah satu yang akan bahas di sini adalah manfaat daun jambu biji untuk mengobati diare.

Manfaat daun jambu biji untuk diare

Diare merupakan gejala encernya tinja yang dikeluarkan yang disertai dengan peningkatan frekuensi buang air besar (BAB) yang terjadi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Diare pada umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Selain itu, diare juga dapat disebabkan oleh keracunan makanan, adanya gangguan lambung, stress, badan kecapaian, sakit maag dsb.

Daun jambu biji dianggap sebagai salah satu obat diare karena mempunyai sifat anti diare, terutama yang disebabkan oleh infeksi. Hal ini dikarenakan daun jambu biji memiliki kandungan zat flovanoid, di mana di dalamnya terdapat quercetin glycoside yang mampu menghambat atau mengurangi pembuangan air besar.

Kandungan zat lain, yaitu Tannin juga berguna untuk mengecilkan pori-pori usus yang membuat aliran air yang masuk ke dalam usus besar berkurang sehingga membuat tinja menjadi keras. Kandungan tannin pada daun jambu biji ini cukup besar, yaitu sebesar 17% dan diindikasikan oleh adanya rasa pahit ketika dikunyah. Tannin juga berguna sebagai penghambat pertumbuhan mikroorganisme di dalam perut yang menyebabkan reaksi diare, penghambat racun dalam sistem pencernaan dan mengumpulkan protein yang ada.

Rebusan daun jambu biji juga terbukti menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli dan Staphylococcus auerus. Daun jambu biji dianggap dapat mengurangi pengeluaran tinja dan mengurangi nyeri perut bagi penderita diare. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai manfaat daun jambu biji, seperti:

  • Pada tahun 2008, penelitian yang dilakukan oleh Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo menemukan bahwa esktrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab umum diare, yaitu Staphylococcus auerus
  • Pada tahun 2000, penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine menunjukkan bahwa daun jambu biji dapat mempercepat pemulihan tubuh dari infeksi diare

Cara Mengolah Daun Jambu Biji Untuk Obat Diare

Sebenarnya, dengan mengkonsumsi daun jambu biji muda secara langsung juga dapat membantu mengurangi diare. Namun berikut di bawah ini disajikan resep yang dapat digunakan untuk mengobati diare dalam beberapa cara.

  1. Menumbuk

Langkah-langkah:

  • Siapkan 6 lembar daun jambu biji dan 1 cangkir air matang
  • Tumbuk daun jambu biji hingga halus dan masukkan ke dalam 1 cangkir air matang
  • Peras air tersebut dan minum 2 kali sehari
  1. Merebus

Langkah-langkah:

  • Siapkan 3 lembar daun jambu biji dan 3 gelas air
  • Rebus 3 lembar daun jambu biji dalam 3 gelas air hingga tersisa satu gelas
  • Saring dan minum air rebusan tersebut

Atau,

  • Siapkan 30 gram daun jambu biji muda, 1 genggam tepung beras dan 1-2 gelas air
  • Rebus semua bahan, saring dan minum 2 kali sehari

Atau,

  • Siapkan 5 daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batang dari tanaman jambu biji
  • Rebus semua bahan ke dalam 1,5 liter air hingga mendidih
  • Saring dan minum air rebusan 2 kali sehari
  1. Memakannya

Langkah-langkah:

  • Ambil daun jambu biji muda, cuci bersih
  • beri sedikit garam pada daun, lipat
  • kunyah, telan airnya lalu buang ampasnya
  1. Menyeduh

Langkah-langkah:

  • Rebus daun jambu biji dengan air mendidih
  • Seduh air rebusan jambu biji dengan the, minum 2 kali sehari

Daun jambu biji dianggap cukup aman sebagai obat diare karena merupakan salah satu bahan alami dan menyehatkan. Meskipun demikian, pemeriksaan lebih lanjut ke dokter sangat diperlukan bagi penderita diare. Terlebih ketika telah memakan banyak daun jambu biji namun diare tidak kunjung reda ataupun ketika diare disertai dengan mual serta muntah. Selain itu disarankan pula bagi penderita diare untuk meminum oralit (larutan gula garam) dan istirahat yang cukup.

Post by : Obat Herbal Nyeri Lutut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s